Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Rabu, 10 Oktober 2012

PNPM Pariwisata Kembangkan Gerai Tenun Dan Komedi Rudat

R. Jambianom, Fasilitator PNPM Pariwisata Desa Bayan
Bayan - Pariwisata merupakan salah satu kegiatan usaha yang melibatkan semua komponen masyarakat ( Multi Stakholder ) dan memiliki Potensi yang sangat tinggi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Demikian dikatakan Fasilitator PNPM Pariwisata Desa Bayan kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Raden Jambianom, ketika ditemui 10/10/12. Menurutnya, untuk memberdayakan dan menarik minat para wisatawan berkunjung ke desa Bayan, Program Nasional Pembedayaan Masyarakat (PNPM) akan membantu pengembangan  gerai tenun dan komedi rudat tunas muda.

“Pada tahun anggaran 2012 /2013 desa Bayan akan memperoleh pendanaan dari PNPM untuk pengembangan pariwisata. Dan dana tersebut akan dimamfaatkan untuk melakukan pemberdayaan kepada masyarakat khsususnya dibidang usaha yang menunjang kegiatan pariwisata di desa Bayan”, kata R. Jambianom, tanpa menyebut nominal anggaran yang akan diterima.

Untuk melaksanakan program ini, fasilitator desa mengawalinya dengan perencanaan kegiatan, karena mengingat permasalahan yang kita hadapi dalam pengembangan kepariwisataan ini cukup komplek. Namunyang paling mendasar adalah lemahnya Sumber Daya Manusia ( SDM ) dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kepariwisataan.

“Jadi kedepannya sangat perlu adanya sebuah kegiatan – kegiatan yang mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) terutama masyarakat di desa Bayan, dan untuk tahap pertama ini kita awali dengan pemeberdayaan kelompok gerai tenun dan kelompok kesenian rudat”, jelasnya.

Sebelum melakukan kegiatan, sambung R. Jambianom terlebih dahulu diawali dengan kajian dan analisa terutama terkait dengan pengembangan kepariwisataan di desa Bayan dengan metode diskusi dengan seluruh komponen masyarakat.

Dari hasil diskusi tersebut tercapailah kesimpulan terkait dengan berbagai permasalahan mendasar dalam pengembangan pariwisata serta solusi yaitu dengan melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok usaha masyarakat.

Karenanya, diharapkan dengan adanya dana dari PNPM  Pariwisata , kelompok usaha yang dibina dapat meningkatkan keterampilan khususnya tenun serta melestarikan budaya lokal yang pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan kelompok  masyarakat dan mengurangi angka pengangguran khususnya di Desa Bayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar