Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Rabu, 10 Oktober 2012

PNPM GSC Gelar Pelatihan Kader Posyandu

Kayangan,(RBM),-- Sebagai langkah awal peningkatan pengetahuan bagi kader Posyandu di wilayah Desa Kayangan, pihak PNPM GSC kembali menggelar pelatihan,Rabu (10/10/2012) di aula Kantor Desa Kayangan.
Pelatihan khusus bagi kader-kader posyandu yang diikuti 70 orang tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan kader tentang kesehatan ibu hamil dan bayi.Ini penting dilakukan karena memang sudah menjadi kewajiban bagi para kader untuk mengetahuinya.
Menurut Ketua TPK PNPM GSC Desa Kayangan Abdurahim Jumaidi mengatakan, pelatihan kader posyandu yang diselenggarakan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Kayangan ini berlangsung selama 3 hari.Selama pelatihan ini berlangsung, pihaknya berharap agar para kader yang di utus oleh Pemerintah Dusun untuk mengikuti kegiatan pelatihan dimaksud, agar mengikutinya dengan serius,tekun,tertib dan lancar, sehingga ilmu yang di peroleh dari para narasumber dapat dimiliki sebagai bekal dalam menjalankan tugas sebagai tenaga yang menangani Posyandu.

Dikatakan Jumaidi, pelatihan kader posyandu ini penting dilakukan karena masih banyak kader-kader posyandu wilayah ini yang belum faham bagaimana cara mengatasi penanganan dalam bidang kesehatan, terutama kesehatan ibu hamil dan bayi.Selain itu,katanya, pengetahuan para kader selama ini masih dirasakan sangat kurang, sebagian hanya mampu mengisi KIA saja.
Senada dengan Jumaidi, salah seorang rekannya Ahudianto dari TPK PNPM MPd Desa Kayangan, juga berharap sama agar pada pelatihan kader posyandu yang cukup menyita waktu bagi para kader ini, perlu dilakukan.Hal ini penting artinya bagi peningkatan pengetahuan bagi para kader posyandu yang memang bertugas untuk itu, sehingga dengan demikian tugas dan fungsinya selaku kader akan sejalan dengan apa yang menjadi kewajibannya dalam menangani posyandu di wilayah masing-masing.
Diakui Ahudianto, bahwa memang masalah kader posyandu ini adalah menjadi tanggung jawab TPK PNPM MPd dalam mengelolanya.Namun setelah terbentuknya PK (Pelaksana Kegiatan) yang dibawah pimpinan Jaya Trisnabakti,S.Pd, maka secara keseluruhan tugas penanganan Posyandu Desa Kayangan ini di serah terimakan.
Kepada para narasumber yang terdiri dari para bidan yang berasal dari Puskesmas Kayangan, Ahudianto mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini.
Harapan yang sama juga datangnya dari Pemerintah Desa Kayangan Jamaan Aspari. “Saya, selaku Kepala Desa Kayangan berharap semoga prestasi yang dimiliki oleh para kader dan PK (Pelaksana Kegiatan) selama ini bisa dipertahankan dan jika perlu ditingkatkan lebih baik lagi,”katanya.(Eko).
 

1 komentar: