Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Rabu, 10 Oktober 2012

PNPM MPd BANTU PETANI ATASI AIR IRIGASI DI PEMENANG BARAT

Pemenang - Desa Pemenang Barat Kec. Pemenang Kab. Lombok Utara tergolong daerah yang subur. Hamparan areal persawahan dapat kita lihat pada sebagian wilayah tersebut. Disamping itu, terdapat sungai yang berhulu di Kawasan Hutan Pusuk membentang membelah areal persawahan. Limpahan sajian potensi alam ini tidak lantas memberikan jaminan bagi terpenuhinya kebutuhan air untuk irigasi petani. Hal ini disebabkan karena air sungai harus dinaikkan terlebih dahulu, baru dapat dialirkan ke petak-petak sawah untuk mengairi tanaman.

Kondisi inilah yang dialami oleh sekitar 500 orang petani yang menggarap areal persawahan seluas 90 Ha di Telaga Wareng Desa Pemenang Barat. Sawah mereka tidak dapat diairi secara memadai karena bendung yang dimanfaatkan untuk irigasi sudah rusak dan tidak dapat dimanfaatkan lagi. Para petani telah berupaya mengatasi masalah ini dengan membangun dam tradisional dari tumpukan kayu dan batu. Namun hasilnya tidak optimal dan setiap tahun dam tersebut selalu hanyut terbawa banjir.

Menyadari akan kesulitan dan permasalahan yang tidak kunjung teratasi tersebut, maka melalui Musyawarah Desa diputuskan bahwa Desa Pemenang Barat akan mengusulkan kepada PNPM MPd untuk mendukung pembangunan kembali bendung yang telah rusak berat. Setelah melalui proses musyawarah di tingkat kecamatan, maka diputuskan bahwa Desa Pemenang Barat mendapat alokasi dana dari PNPM MPd sebesar Rp. 315.790.000,- untuk membiayai pembangunan bendung Telaga Wareng.

Memadaikah dana yang dialokasikan oleh PNPM MPd tersebut ??. Pada awalnya banyak pihak yang sanksi dan ragu kalau bendung tersebut akan dapat dibangun dengan dana yang relatif kecil seperti yang telah dialokasikan oleh PNPM MPd. Kekhawatiran tersebut semakin bertambah besar karena adanya pernyataan dari salah seorang staf Dinas PU Kab. Lombok Utara, yang mengatakan bahwa dibutuhkan tidak kurang dari Rp. 750 juta,- untuk membangun kembali bendung Telaga Wareng. Hal itulah yang menyebabkan Pemkab Lombok Utara belum bisa menganggarkan bantuan bagi pembangunan kembali Bendung yang tealh rusak bertahun-tahun lalu.

Kini bendung tersebut telah dibangun kembali dengan menggunakan dana bantuan PNPM MPd dan swadaya masyarakat. Bendung tersebut telah berdiri megah dan telah menyuplai kebutuhan air bagi 90 ha sawah. Dari berbagai penuturan yang disampaikan oleh beberapa petani, bahwa mereka sangat terbantu dengan adanya bendung ini. Mereka tidak lagi kesulitan air seperti pada musim kemarau, dan hasil pertanian mereka meningkat secara nyata. Dampak lain yang juga dirasakan oleh petani adalah bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ketegangan dan potensi konflik antar petani karena memperebutkan air yang terbatas.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan pembangunan Bendung Telaga Wareng, maka pemerintah desa dan masyarakat telah mengundang Bupati Kab. Lombok Utara untuk meresmikan pemanfaatan bendung. Acara peresmian ini bertepatan dengan HUT Kab. Lombok Utara. Pada kesempatan itu, Bupati Kab. Lombok Utara juga memberikan bantuan ikan yang dilepas di kolam bendung dengan maksud agar dapat menjadi tambahan penghasilan untuk masyarakat sekitar. Semoga dengan terbangunnya Bendung Telaga Wareng ini memberikan dampak yang nyata bagi peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan petani di Desa Pemenang Barat. sumber:www.ntbprov.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar