Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Senin, 29 Oktober 2012

Musyawarah Orang Miskin di PNPM


Rumah tangga miskin telah terlibat dalam musyawarah dusun dalam memberikan usulan untuk membangun desanya, salah satunya di Desa Mejasem. Karena bagaimanapun salah satu tujuan PNPM adalah mengentaskan kemiskinan, kalau mereka tidak ikut, PNPM kehilangan relevansi.

Proses ini telah berjalan baik. Rumah tangga miskin didorong untuk merumuskan masalahnya sendiri. Lalu mencari potensi-potensi yang mungkin untuk menanggulangi masalah mereka.

Namun dalam melakukan penggalian itu membutuhkan kapasitas tertentu. Artinya masyarakat miskin perlu diberikan alat untuk berpartisipasi dengan pengetahuan baik cara berpartisipasi, pengetahuan tentang selalu ada penguasaan forum oleh orang tertentu terkait dengan kepentingannya, dan materi yang akan dibicarakan.

Maka oleh karena itu, membangun kapasitas masyarakat miskin terkait teknologi partisipasi adalah tahap paling awal yang harus diberikan, agar mereka mempunyai pengetahuan yang cukup tentang partisipasi itu sendiri, bagaimana cara pelibatannya. Kalau itu sudah dipenuhi, tingkat keberhasilan sebuah teknik partisipasi mungkin dapat menemui keberhasilannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar