Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Minggu, 13 Januari 2013

MODUL 1, CARA MEMBUAT POSTER

KLU, Poster secara bebas dapat diartikan sebagai media informasi atau iklan yang biasanya dicetak atau print pada kertas berukuran cukup besar untuk dipasang di tempat umum. Poster biasanya tampil dengan gambar dan ilustrasi berwarna, dan teks/tulisan pendek berisi pesan yang ingin disampaikan.
Selain digunakan untuk kepentingan komersial dalam mengiklankan produk atau menginformasikan sebuah kegiatan, poster juga biasa digunakan untuk kepentingan pendidikan  publik, alat sosialisasi dan propoganda, atau hanya sebagai media seni semata.

Jenis dan Ukuran Huruf Pada Poster

Agar mudah dibaca, poster sebaiknya menggunakan jenis dan ukuran huruf yang tepat. Keindahan dan variasi huruf perlu, tapi huruf yang lebih mudah dibaca jauh lebih penting.

Penggunaan Bahasa Pada Poster

Agar mudah dipahami sebaiknya gunakan istilah yang umum dipakai dalam Bahasa Indonesia. Istilah asing perlu dihindari, atau jika digunakan perlu ada padanan kata dalam bahasa Indoesia.
Agar dapat dibaca cepat, sebaiknya menggunakan kalimat yang ringkas dan jelas, sehingga masyarakat dapat cepat menangkap maksud kalimat tersebut.

Gambar dan Warna Pada Poster

Selera masyarakat terhadap gambar dan warna yang digunakan pada poster beragam. Gambar dapat dipilih dan ditentukan, namun warna apa saja dalam poster dapat digunakan.

Permainan warna bisa dilakukan pada warna kertas atau latar belakang, juga pada gambar atau tulisan. Pada prinsipnya poster memang perlu indah dan menarik, tapi harus tetap mudah dilihat dan dibaca.

Ukuran Poster

Perlu dipertimbangkan ukuran yang menarik perhatian namun tetap mudah ditempel. Biasanya poster dengan ukuran kertas  A3 yang paling umum digunakan.

Pemasangan Poster

Menurut masyarakat, poster perlu dipasang ditempat yang sering didatangi atau dilalui orang. Namun juga aman bagi yang ingin melihatnya, seperti: dipasang di toko, pasar, posyandu, kantor desa, pos kamling, tempat ibadah, pangkalan ojek, dan lainnya. Disarankan untuk memperhatikan lokasi dan cara pemasangan poster yang dapat membuat dilihat masyarakat dalam jangka waktu cukup lama (tidak mudah rusak).

Pejelasan Isi Poster Kepada Masyarakat

Tidak seluruh masyarakat dapat dengan mudah memahami isi/pesan pada poster. Penjelasan oleh pengelola program/fasilitator menjadi penting agar pesan dapat secara utuh dan tepat dipahami oleh masyarakat.

Partisipasi Masyarakat Dalam Produksi Poster
Masyarakat dapat dilibatkan dalam menyusun konsep poster. Kesesuain isi pesan dengan budaya setempat tidak saja membuat pesan lebih mudah dipahami, namun juga dapat menumbuhkan rasa memiliki yang lebih tinggi terhadap program.


WAKTU YANG DIPERLUKAN

Waktu yang diperlukan untuk pelatihan pembuatan poster sekitar 2-3 jam. Berdasarkan pengalaman, untuk peserta yang masih baru waktu yang dibutuhkan 2 jam.

ALAT DAN BAHAN YANG DIBTUHKAN

    Spidol
    Kertas plano atau kertas karton
    Kertas metaplan/kertas kartu (terbuat dari kertas karton/manila
    Lakban atau isolasi kertas

1 komentar:

  1. Terima kasih tutorialnya ...
    untuk referensi desain poster mungkin bisa juga kunjung di website http://www.sribu.com/id/services/poster-design

    BalasHapus