Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Rabu, 16 Januari 2013

Pokja RBM KLU Gelar Rapat Koordinasi

KLU, RBM - Terkait dengan akan digelarnya workshop modul, pada bulan Januari 2013, pengurus Pokja Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Kabupaten Lombok Utara menggelar rapat koordinasi  di sekretariat RBM, 15/1/13.

“Pertemuan ini kita gelar selain untuk mengumpulkan modul yang sudah disusun oleh masing-masing koordinator, seperti CBM, Media dan Advokasi, juga kita membahas persiapan yang terkait dengan workshop modul”, kata ketua Pokja RBM, Sinarto, S.Pd.

Sinarto mengaku, semua koordinator sudah mengumpulkan modulnya untuk dibahas pada acara workshop yang direncanakan minggu ketiga Januari 2013.

Sementara koordinator CBM RBM KLU membuat modul berjudul Membangun Kemampuan Masyarakat dalam Melaksanakan Pemantauan Secara Partisipatif.

Dalam kata pengantar modul tersebut disebutkan bahwa program PNPM-MP sebagai salah satu program diharapkan dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat dalam proses pemberdayaan, sehingga masyarakat perdesaan dapat mengembangkan kreasi maupun inovasi baru sehingga dapat menjawab berbagai persoalan – persolan masyarakat agar dapat memperkecil tingkat kemiskinan masyarakat perdesaan.

Dalam kontek pemberdayaan, kegiatan pemantauan, pengawasan dan evaluasi yang terbaik adalah semuanya harus dilakukan sendiri oleh masyarakat itu sendiri, dalam arti diminta maupun tidak untuk melakukan pengawasan, dan pemantauan tetap harus dilakukan secara partisipatif, dengan tidak sengaja mencari-cari kesalahan. Dalam hal ini masyarakat Desa adalah pemilik proses dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh program dan masyarakatlah yang paling merasakan dampak dari program yang dilasanakan. Sehingga yang paling bertanggung jawab dalam hal pengawasan dan pemantauan adalah masyrakat penerima program tersebut.

Dalam proses pemantauan masyarakat Desa termasuk para pelaku yang ada diDesa serta para pemangku kebijakan yang ada di Desa tersebut harus mampu menemukan sendiri masalah-masalah yang terjadi sekaligus menemukan solusi bagi perbaikan program ditempatnya. Sesuai dengan prinsip-prinsip pemantauan dan pengawasan serta evaluasi yaitu tidak mencari-cari kesalahan, dan main haim sendiri karena masih dapat diselesaikan secara kekeluargaan.

Oleh karena itu kepedulian masyarakat untuk ikut serta secara sukarela mengawasi dan memantau semua kegiatan dalam program perlu ditumbuh kembangkan, karena kalau bukan kita sendiri yang peduli siapa lagi ?. untuk itu perlu adanya pemahaman oleh masyarakat tentang pentingnya pemantauan dan pengawasan oleh massyarakat setempat sebagai penerima manfaat. (m.syairi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar