Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Minggu, 13 Januari 2013

MODUL MEDIA RUANG BELAJAR MASYARAKAT

PENDAHULUAN
 
Media memegang perenan penting dalam penyebarluasan gagasan dan informasi. Lewat media, pesan diharapkan dapat disampaikan kepada pihak lain secara relatif lebih mudah, cepat dan murah, lebih mampu mendorong ke arah perubahan sikap yang diinginkan, dan dapat menjangkau khalayak yang lebih luas.

Peran media ini makin dirasakan penting dalam mendukung penyebarluasan informasi dan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Peedesaan (PNPM-MP). Terlebih program PNPM ini berbasis masyarakat  yang ingin mendorong tumbuhnya keterlibatan/partisipasi masyarakat dalam keseluruhan tahapan.

Secara teoritis, partisipasi dan rasa memiliki terhadap keberadaan serta keberlanjutan hasil program dapat dibangun jika pihak-pihak yang terlibat khususnya masyarakat – memiliki informasi dan pemahaman yang memadai mengenai program tersebut.

Dari hasil identifikasi di lapangan menunjukkan, bahwa media yang dianggap masuk dalam katagori ini yaitu, poster, bulletin, spanduk, papan informasi, temu usaha, Iklan Layanan Masyarakat, kesenian dan website program dan beragam media lainnya.

Apa yang ingin disajikan dalam modul ini?

Modul ini ingin menyajikan hasil identifikasi dan pengalaman menggunakan media untuk mendukung pelaksanaan program sekaligus belajar dari pendapat sebagian masyarakat dan pengalaman pelaksana/fasilitator  program di lapangan dalam penggunaan media tersebut.

Modul ini dihgarapkan dapat melangkapi upaya belajar dari pengalaman, seperti yang telah banyak disajikan dalam bentuk tulisan. Gagasan pembuatan modul ini juga mirip dengan kegiatanm studi/ujicoba media yang biasa dilakukan sebelum sebuah media dianggap final dan siap diproduksi.

Dengan  membaca modul ini sebagai pendapat dan komentar masyarakat, maka penilaian dan kesimpulan – jika memang diperlukan – diserahkan pada siapapun pembaca modul ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar