Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Sabtu, 19 Januari 2013

Bank Dunia Apresiasi Kegiatan Kelompok SPP di Terengan

Pemenang, RBM - Tim Bank Dunia  terdiri tiga orang yang berkunjung ke Kabupaten Lombok Utara (KLU) baru-baru ini memberikan apresiasi terhadap kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Terengan, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang yang membuat berbagai hasil kerajinan tangan. Prospek kerajinan yang dihasilkan cukup bagus, tinggal pemasaran produk yang perlu diupayakan oleh pengurus bersama anggota kelompok SPP.

Kunjungan tim Bank Dunia, kata Ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Pemenang Timur, Sulaefi menjelaskan kunjungan dari Bank Dunia itu guna melihat dari dekat hasil kerajinan yang dikerjakan oleh anggota kelompok SPP ‘’Tunas Maju’’ Terengan. Mereka membuat gelang tangan dengan bahan baku dari benang, kulit dan mutiara. Tim dari Bank Dunia memberikan masukan agar masalah

pemasaran menjadi perhatian serius pengurus kelompok. Mereka melihat peluang pasar hasil kerajinan gelang cukup bagus.

‘’Rombongan dari Bank Dunia tiga orang. Mereka tertarik dan sempat membeli gelang tangan yang dihasilkan angota kelompok SPP Terengan,”ujar Sulaefi didampingi Sekretaris TPK Desa Pemenang Timur Izan Apifi.

Ada 19 kelompok SPP di Desa Pemenang Timur  terdiri atas pedagang bakulan dan pedagang keliling. Tiap kelompok beranggotakan antara 5 sampai 12 orang, tiap anggota mendapatkan bantuan modal usaha Rp 1 juta- Rp 2 juta. Dana pinjaman itu dikembalikan dalam jangka waktu sepuluh bulan dengan bungan 1,5 persen. Selama ini pengembalian pinjaman oleh angggota berjalan lancar. 
 
Dana itu dikembalikan ke Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang ada di tingkat kecamatan. Total dana PNPM di Desa Pemenang Timur Rp 799. 379.100, dengan alokasi untuk SPP Rp 218.500.000, pembangunan 2 buah gedung TK Rp 330.257.000 dan pembangunan beronjong di kali Karang Montong sebesar Rp 210.655,000.

Menurut Sulaefi, pembangunan bronjong sepanjang  180 meter dengan dana Rp 210.655 untuk pengaman kali Karang Montong mengingat kondisi kali itu makin melebar. Awalnya kali ini lebar hanya 1 meter, kini menjadi 10 meter akibat aliran air banjir setiap musim penghujan tiba. Bronjong yang dikerjakan berfungsi memperkuat bibir kali dan mencegah terjadinya longsor setiap musim penghujan. Kecuali itu, untuk mengamankan permukiman penduduk yang berada dekat kali. Sebab, sebelum ada bronjong, setiap musim penghujan tiba kondisi bibir kali kerap tergerus oleh air kali.

‘’Dengan adanya bronjong rumah warga aman dari banjir kali.  Memang belum sempat rumah warga hanyut setiap ada banjir. Awalnya lebar kali hanya 1 meter, sekarang jadi 10 meter,’’terangnya.

Untuk program SPP, jelasnya sedang berjalan, sedangkan pengembaliannya oleh kelompok disetor ke unit pelaksana kegiatan (UPK) di tingkat kecamatan. Ketua UPK Kecamatan Pemenang H. Hamzan Wadi menerangkan saldo pinjaman di Pemenang Timur sebesar Rp 525.600.000. Tingkat  pengembalian pinjaman di Kecamatan Pemenang yang meliputi 4 desa sekitar 94,3 persen. Anggota kelompok yang nunggak diberikan tenggang waktu mengembalikan pinjamannya tergantungkesepakatan kedua belah pihak. ‘’Tidak lebih dari 10 bulan pinjaman itu dikembalikan. Kita berusaha menekan selama 2 bulan,’’kata Hamzan Wadi.
 
Program GSC di Pemenang Timur  dilakukan dengan mengadakan penyuluhan masalah kesehatan bagi masyarakat setempat. Materi penyuluhan menyangkut berat badan anak, ibu hamil dan menyusui, masalah gizi bagi balita dan cara membuat makanan yang bergizi. Balita BGM selama 2010 dan 2011udah banyak yang mengalami perubahan. (sam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar