Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Jumat, 12 Oktober 2012

Hasil Pembangunan PNPM-MPd Bermamfaat Bagi Masyarakat Desa

Masyarakat mengaku, pembangunan yang didanai Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) ditingkat desa hasilnya cukup nampak dan bermamfaat bagi masyarakat luas. Karena selain membangun fisik, juga PNPM terus berupaya meningkatkan sumber daya  melalui berbagai kegiatan, seperti pelatihan bagi kader dan kelompok-kelompok masyarakat baik ditingkat dusun, desa, kecamatan ataupun ditingkat kabupaten.

PNPM ternyata bukan saja bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan mengurangi pengangguran, tapi juga memperhatikan bidang kesehatan dan pendidikan melalui PNPM Generasi Sehat dan Cerdas. Bidang kesehatan PNPM terus berupaya membantu pemerintah menurunkan angka anak gizi buruk dan gizi kurang dengan memberikan bantuan makanan bergizi bagi anak-anak yang kurang mampu.

Penyediaan sarana dan prasarana kesehatan terus dibangun, seperti Polindes tempat ibu hamil bersalin, Posyandu  dan lainnya. “Hasil pembangunan yang didanai PNPM hasilnya cukup bermamfaat bagi masyarakat, karena semua kegiatannya melalui proses persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pelestarian sesaui dengan azas “dari-oleh dan untuk masyarakat”, kata puluhan warga Lombok Utara.

Dibidang pendidikan,  PNPM-MPd  ikut membantu pemerintah yang bukan saja membangun sarana dan prasarana, tapi juga mendorong peningkatan sumber daya  melalui pemberian bea siswa atau bantuan lainnya kepada siswa yang kurang mampu.

Salah satu kegiatan yang didanai PNPM dalam hal pendidikan dasar bagi anak usia dini seperti pembangunan beberapa gedung PAUD di Kabupaten Lombok Utara.  Sebut saja pembangunan PAUD Murmas  di Dusun Kertaharja Desa Genggelang Kecamatan Gangga yang diresmikan langsung oleh gubernur Nusa Tenggara Barat,  Dr. TGH. M. Zainul Majdi  yang dibangun diatas lahan 6000 meter persegi.

Bupati KLU H. Djohan Sjamsu, SH dalam beberapa kesempatan menjelaskan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM-MPd) adalah program Pemerintah Pusat untuk kemajuan pembangunan di pedesaan pada segala bidang guna meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.
  
Dijelaskan sejumlah 72 Milyar lebih  dana PNPM-MPd dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Lombok Utara telah disiapkan dan dari angka tersebut dialokasikan sejumlah 55% untuk prasarana umum, 14,33 % untuk Prasarana Pendidikan 16, 2% untuk prasarana kesehatan dan 14,7% untuk SPP.

Sementara Gubernur Prov. NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu mejaga  kekompakan dalam hal kebaikan serta menjaga semua pasilitas umum yang telah dibangun termasuk Gedung Paud yang nantinya akan dijadikan tempat untuk menimba ilmu bagi anak anak usia dini  sehingga menjadi generasi penerus yang memliki ahlaq mulia cerdas dan beriman.

’’Apa yang kita contohkan pada anak-anak kita akan masuk pada prilakunya oleh karenanya berikanlah yang terbaik”. pesanya. Dikatakan bahwa kegiatan simpan pinjam bagi kelompok perempuan PNPM-MPd di Kabupaten Lombok Utara adalah termasuk yang terbaik di tingkat Prov. NTB dengan tingkat pengembaliannya hingga mencapai angka 93 %.

Dari berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan PNPM-MPd, di desa, perlu mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk didalamnya ikut mengawasi dan melestarikan pembangunan yang didanai PNPM. Karena kalau tidak kita yang mengawasi dan melestarikan siapa lagi? Dan kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar