Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Rabu, 07 November 2012

Evaluasi Kinerja TPK PNPM Bayan Berlangsung Alot

Bayan, RBM - Ketidak hadiran ketua Tim Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (TPK-PNPM MPd) Desa Bayan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Sabardi,  menimbulkan tanda tanya dari peserta pertemuan. Akibatnya, pertemuan berllangsung di aula kantor desa Bayan, 7/11/12 yang bertujuan mengevaluasi kinerja TPK berlangsung cukup alot.

“Ketua TPK PNPM MPd Desa Bayan, sudah diundang untuk hadir pada pertemuan evaluasi kinerja  TPK, bahkan juga sempat dihubungi melalui handponenya, dan berjanji akan hadir. Tapi buktinya sekarang malah dia menghadiri acara di Dispenda KLU. Kalau seperti ini, kan artinya ada pembiaran dari pemerintah desa”, tegas R. Kertajuana menanggapi ketidak hadiran Sabardi selaku ketua TPK PNPM MPd Desa Bayan.

Menanggapi hal tersebut, Sekertaris Desa Bayan, R. Riasih yang memimpin pertemuan membahtah kalau pemerintah desa melakukan pembiaran terhadap para pelaku PNPM di Desa Bayan. “Kami tidak pernah melakukan pembiaran, dan agar tidak terjadi suara sumbang, kami mengundang pertemuan untuk melakukan evaluasi kinerja ketua TPK”, kata R. Riasih.

Pertemuan ini awalnya, akan membentuk pengurus PNPM Generasi Sehat dan Cerdas (GSC) yang masih lowong, termasuk bendahara TPK PNPM-MPd. Namun karena ketua TPK PNPM Bayan tidak hadir sehingga menimbulkan pendapat yang berbeda. Diantara peserta ada yang mengusulkan agar pengurus TPK diganti, karena dinilai sudah tidak mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya terutama dalam bidang administrasi yang selama ini semuanya dikerjakan sekertarisnya.

Disisi lain, kepengurusan TPK Desa Bayan tidak bisa diganti begitu saja tanpa kehadiran ketua yang akan diminta pertanggungjawabannya oleh warga. “Kalau diganti begitu saja tanpa ada pertanggungjawabannya, tentu cukup enak, dan kita juga perlu tahu apa alasan ketua TPK tidak hadir para evaluasi kinerjanya ini, apakah beliau lebih mementingkan pertemuan di Dispenda KLU atau pertemuan di desa”, kata beberapa peserta pertemuan dengan mimik kecewa.

Kendati berlangsung alot, akhirnya pergantian pengurus TPK PNPM Desa Bayan dilakukan dilakukan juga oleh peserta yang hadir. Dan yang terpilih sebagai ketua TPK, Raden Kinarian, Sekertaris,Arpawan  dan bendahara R. Wirahadi.

Pergantian tersebut dilakukan karena mengingat selama ini, ketua TPK dinilai kurang mampu menyelesaikan tugas dan tanggungjawabnya. “Selama ini yang banyak bekerja adalah sekertarisnya, sementara ketuanya kalau ditelpon kadang-kadang tidak mau ngangkat”, kata Fasilitator PNPM Kecamatan Bayan, Asrin Tombili S.Sos.

Diharapkan dengan terpilihnya pengurus yang baru ini, dapat bekerja dengan baik dalam menjalankan program PNPM-MPd yang masuk di desa Bayan. (ari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar