Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Rabu, 07 November 2012

Dinilai Berhasil Dukung Program PNPM-MPd, Desa Pendua Diusulkan Mendapatkan Award

Pendua,RBM - Tujuan dilaksanakannya Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) PNPM-MPd adalah sangat baik sekali manfaatnya.Karena yang merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasinya adalah masyarakat sendiri.

Demikian yang dikatakan Zainudin Sekretaris UPK Kecamatan Kayangan dalam pengantarnya pada acara MDST PNPM-MPd Desa Pendua, Selasa, (06/11/2012) yang berlangsung di aula Kantor Desa Pendua.

Dalam acara MDST PNPM-MPd Desa Pendua ini dihadiri oleh Camat Kayangan,PJOK,FK,FT,UPK,TPK,Kepala Desa Pendua,Kepala Dusun se Desa Pendua,BPD,LPM,TP.PKK,OMS,Kelompok Marginal, Orang Miskin, KPMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,tokoh Pemuda dan Kader Posyandu Desa Pendua.

Camat Kayangan Tresnahadi dalam sambutannya mengatakan, menyambut baik kegiatan MDST PNPM-MPd di Desa Pendua ini.”Hal ini harus di pahami oleh semua kita termasuk masyarakat yang menikmati langsung hasil program PNPM-MPd di daerah ini,”katanya.

Dikatakan, program fisik yang dijalankan PNPM-MPd ini adalah karena memang program ini dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara.Dimana untuk program pengaspalan jalan sepanjang 1 km akan dilaksanakan pada tahun ini.”Masih banyak masyarakat yang belum paham tentang program pembangunan ini, tidak mesti harus ‘sim sala bim,’ ini ada prosesnya,”kata Tresnahadi.

Dalam proses pembangunan di daerah ini seluruh masyarakat harus memahaminya dan prosesnya pun perlu bertahap sesuai dengan kemampuan daerah untuk membangun.Dengan adanya program PNPM ini, apa yang menjadi keperluan masyarakat di daerah, sangat di bantu oleh pusat.

Sementara itu, Kepala Desa Pendua Haerudin dalam pernyataannya mengharapkan agar pelaksanaan program PNPM-MPd dimasa mendatang ada peningkatan kwalitas,baik fisik maupun non fisik.

Dikatakannya, kegiatan fisik yang sudah dilaksanakan di Desa Pendua melalui kegiatan PNPM-MPd yang dimulai sejak tanggal 21 Mei 2012 sepanjang 1050 m jurusan Pendua Daya – Sengiang Pebuan tersebut menghabiskan dana 282.600.000,- kini sudah rampung.”Mudah-mudahan lanjutan jalan yang baru dibuka ini, ada tindak lanjutnya di masa mendatang,”harap Haerudin.

Ir.Rusli Fasilitator Kecamatan (FK) dalam MDST Desa Pendua tersebut juga mengatakan, pada tahun 2012 ini di canangkan tahun kwalitas dari pada pelaksanaan program PNPM-MPd.Sehingga sebelum pelaksanaan MDST ada beberapa syarat yang harus dilakukan, seperti adanya perencanaan,pelaksanaan dan hasil. “Perencaan nya seperti apa, kemudian bagaimana melaksanakannya, baru kemudian hasilnya seperti apa.Kalau sudah alur ini dilakukan, maka barulah di adakan MDST,”terangnya.

Dikatakan Rusli, bahwa ada salah satu UPK yang ada di NTB menyalah- gunakan dana SPP sebesar 1 M.Kasus ini, pelakunya disamping diwajibkan mengembalikan, juga di tuntut ke ranah hokum.”Jadi ini merupakan gambaran buat kita semua, bahwa untuk kedepan tidak boleh kita main-main dengan dana PNPM ini.Jangan sampai dana ini di gunakan oleh orang-orang yang tidak berkepentingan,”ingat Rusli.

Terkait dengan pelaksanaan program PNPM-MPd di wilayah Kecamatan Kayangan,Rusli mengaku pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap pembukuan/Kas di UPK termasuk kelompok SPP di bawah.Untuk merangsang TPK-TPK dalam bekerja sebaik mungkin,pihaknya juga telah melakukan terobosan yaitu dengan memberikan penghargaan Award kepada TPK yang terbaik dan berprestasi dalam pelaksanaan MDST-nya berupa    uang pembinaan sebesar 2 juta rupiah.Terkait dengan adanya permasalahan SPP yang pernah membelit UPK di Kecamatan Kayangan awal tahun ini, maka pihak PNPM telah membentuk tim penyehat pinjaman.”Ini untuk mengawasi dan membina para peminjam,”beber Rusli.

Untuk di ketahui, terdapat 57 (7,6 %) kelompok SPP yang bermasalah yang ada di Kecamatan Kayangan.Dan untuk menangani permasalahan ini diserahkan kepada tim yang sudah dibentuk beberapa waktu lalu.”Dengan adanya tim ini, paling tidak, bulan Desember 2012 mendatang sudah tidak ada masalah,”kata Rusli.

Dalam MDST Desa Pendua ini, dilaporkan juga oleh Ketua TPK Aslinudin tentang kegiatan fisik dengan pendanaan yang sudah di cairkan sebanyak 5 kali, namun besarannya bervariatif, berdasarkan kebutuhan yang dilaksanakan seimbang sesuai dengan progress di lapangan. Adapun realisasi fisik yang dimaksud, maka Aslinudin menyebutkan seperti pengerjaan talut (511 m), drainase (378 m), gorong-gorong ( 2 unit+pipa) maupun jalan (sepanjang 1.050 m dengan lebar 6,7 m). ”Semua ini bisa terlaksana dengan baik, tentunya berkat kerja sama serta dukungan dari semua pihak, sehingga kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan yang menjadi harapan,”katanya.

Keberhasilan pelaksanaan program PNPM-MPd di Desa Pendua ini tentu patut di acungi jempol. Pasalnya, menurut penilaian pihak PNPM, bahwa dukungan terbesar terhadap keberhasilan pelaksanaan program PNPM-MPd/GSc di wilayah Kecamatan Kayangan pada tahun 2012 ini adalah Kepala Desa Pendua.Oleh karena dinilai berhasil dukung Program PNPM-MPd, maka Desa Pendua wajar di usulkan untuk mendapatkan Award.

Dalam MDST Desa Pendua ini, terjadi pergantian Ketua TPK, dimana Ketua TPK Aslinudin mengundurkan diri dan secara aklamasi jabatan Ketua TPK Desa Pendua untuk periode mendatang di tunjuk Mardip. Sebagai ucapan terakhirnya, Aslinudin memohon maaf atas segala kekurangannya selama menjalankan tugas selaku Ketua TPK Desa Pendua, karena sebagai manusia biasa, katanya, tentu tidak luput dari kesalahan maupun kehilapan, baik di sengaja maupun tidak di sengaja.(Eko).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar