Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Sabtu, 02 Februari 2013

TPK PNPM Kayangan Tinjau Lokasi Renja 2013

Kayangan,(RBM),-- Pada tahun 2013 ini Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) kembali memprogramkan berbagai rencana pembangunan strategis di Desa Kayangan.Pasalnya, Ketua TPK PNPM Desa Kayangan, Jumaidi Abdurahim, Kamis (31/01/2013) meninjau lokasi rencana kerjanya di jalan yang baru dibuka jurusan Dusun Lengkukun Desa Kayangan – Banten Damai Desa Dangiang sepanjang 400 meter.
 Dikatakan, rencana pembangunan yang anggaran biayanya ditentukan pada MAD 3 tanggal 7 Februari 2013 mendatang terdiri dari pembuatan talud, pembangunan drainase dan pembangunan gorong-gorong. Hal ini dilakukan karena memang jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kedua wilayah tersebut sebagai jalan alternative ekonomi pedesaan.

Peninjauan rencana pembangunan talud, drainase dan gorong-gorong yang letaknya sekitar 200 m kearah tenggara Dusun Lengkukun Desa Kayangan itu, dilakukan Jumaidi, karena akses jalan ini sangat penting bagi lancarnya peredaran perekonomian masyarakat perdesaan. ”Mudah-mudahan dalam kegiatan Musrenbangdes yang sudah dimulai sejak tanggal 31/01/2013 itu,maka usulan-usulan dari bawah dapat di kanalisasikan,”jelas Ketua UPK Kayangan Edy Kartono,SE.

Selanjutnya Edy Kartono menyatakan bahwa program pentaludan,drainase dan gorong-gorong di wilayah Lengkukun Desa Kayangan yang menghubungkan ke Desa Dangiang itu di utamakan, karena memang itu berdasarkan usulam masyarakat, yang pada tahun 2013 ini di prioritaskan pembangunannya.

Dulu katanya, Pada awal penentuan lokasi ini rencana kerja PNPM di wilayah ini, penentuannya sangat a lot.Sebab menurut Faskab Lombok Utara Baiq Rita Ariyanti,SP bahwa program pentaludan, drainase dan pembuatan gorong-gorong itu tidak boleh terpencar di banyak tempat,tapi harus terfokus di satu wilayah.Itulah sebabnya di Dusun Lengkukun Desa Kayangan ini ditetapkan dan di prioritaskan oleh masyarakat untuk rencana program kerja PNPM di tahun 2013 ini.Sedangkan pendanaannya serta besaran volume pengerjaannya akan di tentukan kemudian pada MAD 3 tanggal 7 Februari 2013 mendatang.

Jalan ini memang menjadi sebuah kebutuhan dari para petani dan penggarap perkebunan di sekitarnya, sehingga ini bermanfaat menjadi alternative jalan ekonomi perdesaan. Selain itu, jalan tersebut juga akan bermanfaat untuk mempermudah akses menuju Desa Dangiang Kecamatan Kayangan KLU.(Eko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar