Selamat Datang di Blog RBM Lombok Utara. Alamat Sekretariat: Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara-NTB

Kamis, 02 Agustus 2012

Kemiskinan di KLU Masih Jadi Persoalan Utama

Lombok Utara - Kendati sudah empat tahun usia Kabupaten Lombok Utara (KLU), namun tampaknya belum mampu menurunkan angka kemiskinan warganya, bahkan hingga kini masih menjadi persoalan utama.

Hal ini diakui Kepala Bidang Pemerintahan  Desa (Kabid Pemdes) KLU, Ir. Agus, pada acara rencana penetapan kegiatan Ruang Belajar Masyarakat (RBM) PNPM KLU yang berlangsung 25/7 di rumah makan Nabil Kecamatan Gangga.

Menurut Agus, pada HUT KLU ke 4, 21 juli lalu, Bupati berpesan kepada kita semua agar kembali bersama-sama memikirkan kabupaten, karena secuil apapun yang mampu diperbuat oleh masyarakat  tentu ada nilainya bagi kemajuan kabupaten.

Persoalan kemiskinan lanjut Agus, masih menjadi masalah utama, karenanya setiap SKPD yang ada di KLU  diminta untuk membuat program yang bermamfaat bagi masyarakat serta yang mampu menurunkan angka kemiskinan paling tidak 2,5 persen pertahun.

Sementara Fasilitator PNPM KLU, Baiq Nurhayati mengatakan, dana RBM tahun 2012 untuk KLU menurun dari Rp. 300 juta pada tahun sebelumnya menjadi Rp. 180 juta tahun ini.

RBM lanjut Nurhayati, merupakan ruang perbincangan antar pelaku ditingkat desa, kecamatan dan multipihak  yang berbasis kepedulian dengan tema yang mencakup beberapa hal antara lain,  penguatan perencanaan partisipatif desa, penguatan pengelolaan kegiatan model swakelola, penguatan pengawasan masyarakat dalam pembangunan desa, penanganan masalah dalam pengelolaan kegiatan PNPM-MPd dan peningkatan peran pelaku kunci dalam mengadvokasi kelembagaan manajemen pembangunan partisipatif di desa.

Upaya-upaya tersebut  akan didukung oleh pengembangan media sosialisasi dan promosi, penguatan kader, gelar kapasitas dan  lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar